ABOUT | A Cup Of Hellen

Tentang a cup of  hellen



Blogger Perempuan Kutai Barat

Hai, beautiful souls ,selamat datang di sudut pandangku perkenalkan namaku aku helen atau boleh di panggil len aku seorang beauty blogger berasal dari sendawar Kutai Barat,.

Aku adalah seorang perempuan biasa, seorang  wanita biasa yang menyukai skincare

Kalau kamu tersesat ke halaman ini, kemungkinan besar kamu adalah seseorang yang suka melihat indahnya warna-warni eyeshadow,lipstik merah merona,atau sedang mencari rekomendasi skincare,maupun review produk yang kamu pakai,baik yang ramah di kantong, atau sekadar ingin membaca cerita keseharian yang apa adanya. 

Blog ini adalah tempatku berbagi tentang dunia kecantikan (beauty), gaya hidup sehari-hari (lifestyle), serta secuil kisah unik tentang bagaimana rasanya merawat diri di tengah cuaca ekstrem kaliamantan,cuaca terik kayak tiap orang dapat satu matahari di kepala panas pool.

Mengapa Fokus pada Beauty dan Lifestyle?

Banyak mungkin pertanyaan dalam hati beuatiful souls, Kenapa memilih topik kecantikan dan gaya hidup? Jawabannya sederhana karena kedua hal ini adalah bagian yang tidak terpisah dalam kehidupan sehari-hari  sangat memengaruhi mood dan kebahagiaan kalau sudah membeli entah skincare,bodycare,hair care.

 1. Kategori Beauty (Kecantikan)

Di kategori beauty, aku fokus membagikan produk skincare yang aku pakai sehar-hari bisa di katakan ulasan atau review produk yang aku pake sendiri selama bertahun-tahun,entah produk yang ada perubahan,atau tidak ngaruh ke kulit,bakal aku ulasa dalam tulisan ku menurut sudut padang aku sendiri.

  • Skincare untuk cuaca Topis, menemukan tabir surya sunscreen dan spf alami dari alam dayak dan pelembap yang tidak menyumbat pori-pori di tengah cuaca Kalimantan kayak matahari tiap orang satu satu,baik body care,hair care.
  • Rekomendasi produk ramah kantong karena tampil cantik tidak harus menguras dompet tidak harus mahal,yang aku pake yang penting cocok di kulit

 2. Kategori Lifestyle (Gaya Hidup)

Kategori lifestyle di blog ini aku bakal membahas gaya hidup sebagian masyarakat dayak yang aku tau

  • Gaya Hidup  Di Kubar: Bagaimana bertahan hidup di era yang serba susah,susah fasilitas,kadang jaringan mati,mati listrik bergilir,mati air bergilir,ujan tidak merata atau hujan lokal,buah berbuah tidak merata di seluruh daerah kutai barat,bagaimana orang dayak bercocok tanam padi tradisional,ngotem dan ngasek padi.
  • Eksplorasi Kutai Barat: Rekomendasi tempat nongkrong, keindahan alam, hingga cerita seru saat berkunjung ke hutan atau air terjun terdekat.
  • Kesehatan  : menulis tentan resep dayak untuk menyembuhkan hepatitis dari pakis hati,dengan memafaatkan alam untuk obat -obatan

 Siapa Sih di Balik Blog Ini?

Aku bukan seorang makeup artist profesional, bukan juga skincare expert yang punya gelar berbasis laboratorium. 

Aku hanyalah seorang perempuan urban yang kini menetap di Kutai Barat, yang jatuh cinta dengan dunia skincare salah satu cara mencintai diri sendiri dengan merawat diri sendiri sebaik mungkin.

Bagi aku, merawat diri bukanlah tentang mengubah siapa diri kita, melainkan cara kita menghargai tubuh dan jiwa yang sudah bekerja keras setiap hari. 

Berawal dari hobi mencoba berbagai produk pelembap wajah hingga aku berkeinginan untuk membuat blog pribadi tentang  beauty blogger.

Menjadi seorang beauty dan lifestyle blogger Kutai Barat memberiku pandangan yang unik,di sini, tantangannya berbeda. 

Cuaca Kutai Barat yang kadang terik menyengat namun berganti lembap,hujan,mendung,gerimis hingga urusan akses mendapatkan produk kecantikan terbaru, membuatku belajar banyak tentang adaptasi. Dan ilmu-ilmu *trial and error* itulah yang ingin kubagikan kepada kalian semua di sini.

Keunikan Nge-blog dari Kutai Barat

Tinggal di Taaan Purai Ngeriman  sebutann atau slogan tanah  Kutai Barat memberi warna tersendiri pada tulisan-tulisanku. 

Blog ini tidak hanya bicara soal tren global yang ada di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, tetapi juga menyaring tren tersebut agar relevan dengan kehidupan kita di daerah.

Keterbatasan ekspedisi pengiriman barang atau pilihan toko kosmetik fisik di Sendawar justru memicu kreativitasku. 

Aku sering membagikan tips bagaimana memanfaatkan bahan-bahan alami lokal, kayak daun selekop untuk spf alami,daun meniran untuk jerawat yang ampuh menggunakan bahan alami daro alam.

Disclaimer BLOG

Setiap kata yang kutulis di blog ini didasarkan sudut pandang ku sendiri ini merupakan blog personal: 

  • Kejujuran (Honesty) :Semua ulasan produk kecantikan di sini bersifat objektif. Jika sebuah produk bagus di kulitku, aku akan katakan bagus. Jika membuatku berjerawat, aku akan ceritakan apa adanya disertai disclaimer bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda.
  • Kesederhanaan (Simplicity): Aku menghindari bahasa-bahasa teori yang terlalu rumit. Aku ingin tulisan-tulisanku terasa seperti obrolan sore hari antara dua sahabat di teras rumah sambil minum teh hangat spill the tea
  • Relatif : Cantik itu beragam. Tidak terbatas pada warna kulit, bentuk tubuh, atau merek pakaian yang dikenakan. Semua orang berhak merasa percaya diri dengan versinya masing-masing.


Semua gambar dan video dalam tulisan saya ini adalah dokumentasi pribadi,jika ingin membagikan gambar diperbolehkan tanpa menghilangkan watermark,jika tidak ada watermark mohon memberikan kredit.

Sebagian gambar di dapat dari situs gratis tanpa royalti dan tidak merugikan pihak siapa pun.

Artikel yang saya buat bersifat personal,yang kesemuanya saya tulis dengan bahasa saya sendiri,dan saya publikasikan.

Mohon tidak menduplikat tulisan yang ada di blog A CUP OF hellen

Saya bisa di hubungi melalui sosial media : Instagram @saintkatarina1

Diperbolehkan untuk membagikan artikel dengan memberikan kredit dan sumber link ke blog A CUP  Hellen

Awal Mula Mencoba Menulis Blog



Saya mulai menulis blog pada tahun 2009,tentang daily life  blog curhatan pokoknya kayak menulis diari tidak ada kepikiran buat memonetisasi blog hanya ingin menulis curhatan tentang kehidupan sehari-hari ,naasnya blog tahun 2009 tidak bisa di buka halaman blog tersebut karena saya lupa password.

Pada tahun 2020 saya banyak di rumah saja,bingung harus ngapain karena pandemi banyak waktu libur dirumah karena kerja dari rumah,saya mulai terpikirkan bikin akun blog untuk menulis menghilangkan kejenuhan dan stress,tapi tidak pernah saya tulis apapun postingan.

Lalu karena banyak waktu work from home pada akhir April saya mulai mencoba aktif menulis pada akhir April 2021 walaupun menulis seadanya ,dengan artikel pertama terpublish tentang PENGALAMAN MEMELIHARA MUSANG DI RUMAH,hanya suka aja belajar menulis karena saya banyak memelihara hewan pelihraan dan ketika corona mewabah banyak obat tradisional yang di gunakan dalam upaya untuk menyembuhkan wabah corona lalu mulai terpikir oleh saya kenapa tidak saya menulis tentang obat tradisional herbal,dan hewan peliharaan.

Setelah menulis artikel pertama saya merasa stres saya hilang,dan mulai ingin terus untuk menulis artikel bermanfaat sehingga waktu saya tidak terbuang sia-sia untuk merasa galau dan tersakiti dan meratap nasib saya hehe,awalnya menulis blog hanya untuk curhat saja eh lama-kelamaan blog nya malah di monetisasi.

Manfaat Menulis Blog :

  • Mengasah kemampuan menulis daripada di pendam untuk menyindir orang di story Whatsaap dan Instagraam mending salurkan bakat menulis story dengan menulis blog
  • Melek teknologi dengan adanya belajar blogging edit tulisan,menambahkan foto,meredesign tema blog agar lebih menarik sesuai keinginan
  • Membangun rasa percaya diri
  • Menghilangkan perasaan stress karena selalu bersemangat menulis blog mencari ide nulis.
  • Tidak ada waktu berlalu dengan sia-sia
  • Menjaga kesehatan mental saya  tetap stabil dan tidak mudah stres
  • Menambah wawasan nulis sekalian belajar.


Baca Juga Tentang blog FAQS A CUP OF hellen

Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat dan menginsprirasi bagi sesama,jangan lupa mampir di lain waktu.



Thank you Readers







Like us on Facebook